Selamat Datang
Di Website Resmi DESA SERANG BERSAHAJA

IRWAN HANDOKO SH KEPALA DESA SERANG
Pembagian BST di Kantor Desa Serang, (Foto : Dok. Serangbersahaja)

PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

"PKK sebagai Penggerak Kesejahteraan Masyarakat, Khususnya Keluarga."

Apa itu PKK ?

Sejarah

Bermula dari seminar Home Economic di Bogor tahun 1957. Sebagi tindak lanjut dari seminar tersebut, menghasilkan tata susunan pelajaran yang dinamakan  Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tahun 1961.

Gerakan PKK pun mulai dimasyarakatkan pada tahun 1967 yang berawal dari kepedulian istri Gubernur Jawa Tengah (Ibu ISRIATI MOENADI) setelah melihat keadaan masyarakat yang menderita Busung Lapar.

27 Desember 1972, Mendagri Mengeluarkan perintah agar mengubah nama Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga.

Kemudian diadakan penyesuaian-penyesuaian  dalam Rakernas PKK di Bandung tanggal 31 Oktober – 02 November 2000 ( Rakernas PKK ), yang dijabarkan kembali menjadi gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Hal yang paling mendasar adalah Perubahan nama gerakan PKK dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Sumber : Wikipedia

Pemberdayaan Masyarakat yang dimaksud adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari kemiskinan dan keterbelakangan.

Dengan kata lain Pemberdayaan bermaksud untuk mengembangkan kemampuan masyarakat agar secara mandiri memiliki keterampilan untuk mengatasi masalah mereka sendiri.

Dalam hal ini peran PKK sangat diperlukan, namun perlu kesadaran dari tiap-tiap anggota PKK itu sendiri seberapa peduli kah mereka kepada masyarakatnya akan Pemberdayaan tersebut.

Gerakan PKK sebagai gerakan dari bawah dan bermanfaat bagi masyarakat terutama di daerah pedesaan. 

Pada bidang Kesehatan, PKK dituntut untuk menghidupkan Posyandu dan membantu ibu yang melahirkan dan yang akan melahirkan sehingga mengurangi angka kematian ibu dan anak saat proses persalinan, Stunting, dll.

Bidang Ekonomi diharapkan PKK dapat membantu  usaha kecil dan menengah, hal terpenting yaitu Menyiapkan Kader-kader PKK  di setiap perkampungan serta dapat melakukan Pembinaan Kadernya sendiri dan masyarakat untuk dapat menggali potensi, sumberdaya, keterampilan yang di miliki di wilayah tersebut.

Kepedulian dari Kader-kader PKK sangat berpengaruh ke dalam Pemberdayaan masyarakat khususnya keluarga.

“Kalau kadernya sendiri sudah tidak peduli, bagaimana bisa pemberdayaan di masyarakat bisa berjalan”.

By desa serang bersahaja

Bersatu Santun Handal Jujur dan Amanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *